Jumat, 17 Maret 2017

Tugas ke-2 Manajemen dan Kepemimpinan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Nama   : Pranedya Alinea Vista
NIM     : 20160610277
Kelas    : G

Penugasan Individu :

  1. Tulislah minimal dua maksimal tiga, apakah cita-cita karir masa depan anda setelah lulus dari FH UMY!. Tulislah alasan memilih cita-cita tersebut, dari mana pilihan itu muncul, siapa saja orang-orang yang anda mohon pertimbangan!
  2. Tulislah sejelas-jelasnya apakah diskripsi tugas atau uraian tugas dari jabatan yang anda pilih sebagai cita-cita tersebut!
  3. Tulislah sejalas-jelasnya apakah spesifikasi jabatan atau persyaratan jabatan, untuk jabatan yang anda cita-citakan!, tulis juga berapa gaji atau penghasilan untuk jabatan tersebut!
  4. Berdasarkan spesifikasi jabatan atau persyaratan jabatan, bandingkan dengan kemampuan atau persyaratan yang anda miliki saat ini!. Tulis secara runtut dan sejelas-jelasnya bagaimana langkah-langkah atau cara untuk memenuhi persaratan tersebut! Mohon langakah yang anda lakukan harus realistis dan terukur!
Jawaban :

Cita-cita saya

1. NOTARIS
    Menjadi notaris adalah cita-cita saya serta kedua orang tua juga mendukung cita-cita saya, karena saya merasa menjadi notaris adalah passion yang selama ini saya inginkan. Untuk mewujudkan cita-cita saya, itu sebabnya saya masuk kuliah di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dengan belajar hukum maka saya akan lebih mudah mengetahui ilmu-ilmu hukum yang nantinya akan digunakan untuk menjadi bekal saya menjadi seorang notaris. Setelah saya lulus menjadi Sarjana Hukum, saya akan melanjutkan sekolah profesi Notaris. Selama saya belajar di perkuliahan, saya juga akan membangun link (hubungan) dengan banyak teman, karena penting bagi saya membangun link dengan sebanyak-banyaknya, untuk ke depannya ketika saya sudah lulus profesi notaris dan ingin mendirikan kantor notaris menjadi lebih mudah. 

2. PENGUSAHA
    Saya juga memiliki cita-cita sebagai pengusaha kuliner. Saya memiliki passion dalam bidang kuliner karena saya memiliki hobi memasak dan membuat menu-menu makanan dengan resep yang saya kombinasikan sendiri. Kebetulan juga Ibu saya sangat membantu saya ketika saya ingin berkreasi dengan menu makanan. Saya juga sering belajar dari melihat demo masak di youtube. Saya ingin mendirikan usaha saya, saya mulai dengan memasarkan produk makanan yang saya buat melalui social media ( online shop ). Jika ada yang memesan, saya baru membuatkan makanan sesuai pemesan ( pre order ). Ketika nanti saya memiliki modal yang lebih besar, dan saya bisa membagi fokus dengan passion saya ini, saya ingin mendirikan cafe/restoran. Kota pertama yang ingin saya jadikan outlet pertama adalah Bandung.

Tugas Notaris dan Pengusaha

Tugas Notaris :
1. Membukukan surat-surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus ( waarmerking ).
2. Membuat kopi dari asli surat dibawa tangan berupa salinan yang memuat uraian sebagaimana ditulis dan digambarkan dalam surat yang bersangkutan.
3. Melakukan pengesahan kecocokan fotokopi dengan surat aslinya ( legalisasi ).
4. Memberikan penyuluhan hukum sehubungan dengan pembuatan akta.
5. Membuat akta yang berhubungan dengan pertanahan.
6. Membuat akta risalah lelang.
7. Membetulkan kesalahan tulis dan/atau kesalahan ketik yang terdapat pada minuta akta yang telah di tanda tangan, dengan membuat berita acara ( BA ) dan memberikan catatan tentang hal tersebut padaminuta akta asli yang menyebutkan tanggal dan nomor BA pembetulan, dan salinan tersebut dikirimkan ke para pihak ( pasal 51 UUJN ).

Tugas Pengusaha :
1. Selalu melihat yang penting,
2. Mengembangkan skill bisnis, 
3. Memahami bahasa bisnis,
4. Membangun kekayaan dengan sadar, 
5. Berfikir kritis,
6. Memahami konsumen, kompetitor, bisnis, produk, 
7. Kontrol,
8. Memutuskan dengan cerdas, 
9. Innovatif,
10. Silaturrahim.

Syarat Notaris dan Pengusaha

Syarat Notaris :
1. Warga negara Indonesia;
2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
3. Berumur paling sedikit 27 (dua puluh tujuh) tahun;
4. Sehat jasmani dan rohani;
5. Berijazah sarjana hukum dan lulusan jenjang strata dua kenotariatan;
6. Telah menjalani magang atau nyata-nyata telah bekerja sebagai karyawan Notaris dalam waktu 12 bulan berturut-turut pada kantor Notaris atas prakarsa sendiri atau atas rekomendasi Organisasi Notaris setelah lulus strata dua kenotariatan; dan
7. Tidak berstatus sebagai pegawai negeri, pejabat negara, advokat, atau tidak sedang memangku jabatan lain yang oleh undang-undang dilarang untuk dirangkap dengan jabatan Notaris.

Syarat Pengusaha :
a. Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
b. Kemauan, keuletan, dan ketekunan.
c. Kemampuan dan keahlian.
d. Kesempatan yang ada dan digunakan.
e. Keteraturan dan kecepatan kerja serta ketaatan ( disiplin ).
f.  Keberanian mengambil risiko dan menghadapi ketidakpastian.
g. Kesadaran sosial dan kemerdekaan.
h. Kapital dan keuangan.
Adapun yang dimaksud 7P adalah sebagai berikut.
a. Pendidikan.
b. Pengajaran dan atau latihan.
c. Penerangan, penyuluhan, dan bimbingan.
d. Pengelolaan dan perlindungan serta kepastian hukum.
e. Pendekatan strategis.
f.  Penghayatan hakiki kehidupan.
g. Perbankan.

Gaji Notaris kira-kira 5.000.000 hingga 6.000.000

Langkah-langkah saya untuk dapat mewujudkan cita-cita saya :
1. Saya sedang menempuh pendidikan S1 Fakultas Hukum di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
2. Saya merupakan Warga Negara Indonesia yang sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk ( KTP ).
3. Membaca buku yang berkaitan dengan hukum.
4. Mempertahankan IPK yang saya peroleh di semester 1 hingga semester selanjutnya, sekiranya tidak kurang dari 3,5.
5. Selalu berserah diri kepada Allah SWT.

Wassalamualaikum Wr.Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar